MAUBESI DALAM SAJARAH DAN BUDAYA

Maubesi adalah sebuah kota kecil atau tepatnya sebuah kelurahan dengan beberapa kampung, dalam wilayah kabupaten Timor Tengah Utara, Porpinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Anda diundang untuk membaca atau pun menulis ttg apa saja mengenai Maubesi.

Kamis, 06 Oktober 2011

Dari Kampung menjadi ibu kota Kecamatan

Sejak kapan adanya Maubesi, kita belum tahu. Tetapi yang pasti dari tutur adat atau tradisi lisan, Maubesi pernah menjadi pusat kekuasaan atau pernah ada kerajaan di sana. Diceriterakan dalam tutur adat bahwa setelah raja-raja berkeliling Timor akhirnya mereka menemukan bahwa Maubesi merupakan pusat Timor. Dalam bahasa tutur adat Usna es Maubes.
Di Maubesi juga pernah berkuasa seorang kaisar atau Kesel  yaitu kesel Usfinit. Dalam bukunya "Mubes Insana" iAlex Usfiinit menulis bahwa sebelum kedatangan kesel Usfinit sudah ada dua suku tertua di Maubesi yakni Naisaban dan Oeleu. Kedua suku adalah tuan tanah atau amaf yang mendiami Maubesi. Kita tidak tahu ceritera tentang Maubesi selama Portugis menguasai Timor, tapi dari tutur adat ditemukan bahwa pernah ada Gereja atau semacam Pos kegiatan Gereja di tempat Pekuburan umum sekarang yang juga disebut Klusa ( Cross=salib).Tempat itu dari dahulu disebut Klusa.
Setelah ada perubahan kerajaan yang berpindah dari Maubesi ke Oelolok (pusat Kerajaan Insana) maka Maubesi menjadi Kefetoran Maubesi, yang wilayah kekuasaannya meliputi Maubesi sendiri, Kiupasan Tualeu, Oehalo, dan Haenfeka. Wilayah yang sama sekarang ini menjadi wilayah kecamatan Insana Tengah dengan ibu kotanya Maubesi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar