MAUBESI DALAM SAJARAH DAN BUDAYA

Maubesi adalah sebuah kota kecil atau tepatnya sebuah kelurahan dengan beberapa kampung, dalam wilayah kabupaten Timor Tengah Utara, Porpinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Anda diundang untuk membaca atau pun menulis ttg apa saja mengenai Maubesi.

Senin, 19 September 2011

Maubesi sebagai sebuah nama

Maubesi adalah sebuah kota kecil atau tepatnya sebuah kelurahan dengan beberapa kampung di dalamnya.. Nama ini juga diatributkan ke gunung yang disebut nu'uf Maubes. Dalam Google map kita bisa temukan gambarnya dengan lebih jelas. Dahulu nu'uf Maubes menjadi pusat atau tempat di mana kampung-kumpung bertumbuh di sekitar lerengnya.  Di bawah kaki gunung Maubesi, sebuah Kali melintas dari atas tunbaba dan beberapa kali lagi menuju kiupasan dan Noenebu.
Kali ini disebut juga Neo Maubes. Dalam ceritera para leluhur dan para tua-tua adat, dahulu banyak suku berdiam di lereng-lereng sekitar gunung Maubesi, dan baru terpencar ke wilayah yang rata pada awal abad ke 20.Ceritera lain lagi bahwa pernah ada sebuah kekaisaran yang berkuasa dengan pusat kerajaannya di Maubesi. Sehingga terkenal dalam bahasa Dawan istilah atau ungkapan  usna es Maubes, eukna es Maubes. Tentang hal ini akan kami bahas lebih lanjut pada tulisan-tulisan yang akan datang. Dari nama gunung Maubesi ini lahirlah nama Maubesi untuk kampung-kampung sekitar. Kampung-kampung yang termasuk dalam wilayah kelurahan Maubesi sekarang antara lain: Balkeh, Oeb'ana, Kuafeu, Bibase, Buit-buit, Banlua, Sobe, Ainlite, Tainmetan, Nakol, dan Polo. Selain wilayah kelurahan Maubesi, ada juga kampung dan desa-desa lain yang mengitari gunung Maubesi ini antara lain di wilayah Timur ada Kiupasan, Tanae, Kiumanuhain, Nunbai, Bub'aba, Banlunas, Sekon dan Obe. Sedangkan di wilayah Barat ada Tuamau, Bestobe. di Wilayah Utara ada Lekusene, Baat, Kiskasen, Saknati, Bijaemuti, dan Mamsena.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar