MAUBESI DALAM SAJARAH DAN BUDAYA

Maubesi adalah sebuah kota kecil atau tepatnya sebuah kelurahan dengan beberapa kampung, dalam wilayah kabupaten Timor Tengah Utara, Porpinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Anda diundang untuk membaca atau pun menulis ttg apa saja mengenai Maubesi.

Kamis, 14 November 2013

Bendungan Oemanu

Rakyat Kelurahan Maubesi tahun ini mendapat tiga bendungan besar yang terletak di lokasi-lokasi yang strategis sehingga bisa menjangkau kebutuhan masyarakat di tiga kampung terdekat. Bendungan Oemanu untuk kebutuhan masyarakat dan kebun-kebun dari Nefokiuba, Fileu, Katoi, Lel'abas, kampung Tainmetan dan Nakol.
Bendungan Nanmen yang akan mengairi kebun-kebun sekitar Naufbena, Ainlite dan kampung Ainlite dan Sobe. Bendungan Maninen akan mengairi kebun di sekitar Maninen dan kampung Bibase,
Buitbuit dan Kofeu. Perjuangan untuk mendapatkan ketiga bendungan ini cukup alot, khususnya bendungan Oemannu, karena ada pertentangan antar kelompok dalam suku Naisaban, yang merupakan pemilik lokasi bendungan itu. Walau ada pertentangan, namun kepala suku Naisaban yang dalam hal ini diwakili bpk. Kapitan  bpk tobe Naisaban tetap bertekat untuk mendukung program pemerintah daerah supaya bendungan-bendungan itu dibangun demi membantu rakyat Maubesi. Ketiga bendungan itu akhirnya selesai juga pada akhir Oktober lalu dan sekarang siap menanti datangnya hujun untuk mengisi ketiga bendungan itu. Ketiga Bendungan ini juga ada berkat program  dan usaha Camat Insana Tengah, bpk. Nadus Saunoah. Walau ada pertentangan antar warga, tapi akhirnya bpk. Camat Nadus berhasil meyakinkan mereka supaya bendungan itu segera dibangun.. Profisiat rakyat Maubesi, suku Naisaban, Ka'auni dan Oeleu, yang telah merelakan tanah sukunya untuk bendungan ini. Mari kita bangun Maubesi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar